Training Arsip Digital untuk Perusahaan, Apakah Masih Perlu?

Saat ini kalau seseorang karyawan ingin menambah pengetahuan atau ketrampilan bisa dengan mudah melakukannya. Banyak sumber-sumber referensi yang bisa diakses secara gratis, mulai dari wikipedia sampai youtube. Pun juga demikian kalau kita bicara mengenai pengelolaan arsip digital di perusahaan, ada banyak sekali sumber referensi, termasuk studi kasus, lengkap dengan video cara melakukan (how to) dsb. Jala kalau mau, karyawan perusahaan bisa belajar sendiri dari internet.

Jadi sangat wajar kalau ada pertanyaan apakah training arsip digital untuk perusahaan masih perlu?

Jawabannya sederhana, dari pengalaman kami selama lebih 15 tahun terakhir dalam implementasi Sistem Arsip Digital Cabinet™, kita pakai perumpamaan agar mudah, misal perusahaan mau outing ke luar kota naik bus. Ada seorang karyawan sudah browsing dan melihat cara mengemudi bus. Pendek kata karyawan tersebut sudah mempunyai banyak teori dan bacaan cara mengemudi bus, tetapi belum pernah ada pengalaman nyetir bus beneran, apalagi nyetir jauh. Apakah perusahaan yakin mau berangkat dengan sopir tersebut? Umumnya mengatakan tidak.

Sama dengan project implementasi arsip digital di perusahaan, meskipun karyawan bisa belajar sendiri, tetapi kalau belum pernah pengalaman, tentu ada resiko bagi perusahaan. Nah untuk mengatasi hal tersebut, perlu saran, masukan, atau sharing pengalaman dari pihak luar, yang tentu saja harus sudah melakukannya bertahun-tahun secara konsisten di banyak perusahaan atau institusi, sehingga mempunyai pemahaman dan pengalaman yang luas.

Training arsip digital bertujuan untuk memastikan implementasi sistem arsip digital di perusahaan berjalan dengan lancar sesuai target waktu dan anggaran, istilahnya tidak coba-coba.

Keuntungan lain dari training arsip digital adalah dengan mempelajari materi-materi studi kasus yang pernah terjadi di perusahaan-perusahaan lain, baik yang positif dan negatif. Dengan demikian perusahaan akan mendapatkan manfaat terbaik ketika proses implementasi sistem digital di perusahaannya dimulai.

* penulis adalah Direktur DigitalCabinet™

Bila Anda ingin berkomentar, kirim saran atau pertanyaan, silakan isi form berikut. Terima kasih

Scroll to Top